Harga Tiket Masuk & Lokasi Curug Sanghyang Taraje

0

Liburanseru.net – Lokasi dan harga tiket masuk Air Terjun atau Curug Sanghyang Taraje. Salah satu tempat wisata alam di Garut, Jawa Barat ini bisa Anda jadikan destinasi wisata air terjun selanjutnya yang harus di kunjungi. Air Terjun Sanghyang Taraje juga termasuk tempat wisata di garut yang murah.

Lokasi Curug Sanghyang Taraje berada di alamat Kp. Kombongan, Pakenjeng, Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44164. Sedangkan untuk harga tiket masuk Curug Sanghyang Taraje yaitu Rp. 10.000/Orang dan biaya parkir Rp. 3.000. Untuk jam buka nya yaitu dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

lokasi dan harga tiket masuk curug sanghyang taraje

Air Terjun atau Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje adalah sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Kata Sanghyang merupakan sebutan kehormatan untuk dewa/raja zaman dulu. Sedangkan Taraje dalam bahasa sunda berarti tangga. Sehingga secara umum curug ini berarti tangga yang digunakan oleh dewa-dewa menuju kayangan. Seperti dikutip dari wikipedia.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Garut Yang Paling Populer

Air terjun yang berada di ketinggian 660 mdpl dengan ketinggian air terjunnya yaitu 82 meter dengan dua curahan air terjun. Selain memiliki panorama alam yang sangat indah, air yang mengalir dari Curug ini juga digunakan warga untuk kebutuhan irigasi baik untuk pertanian dan perikanan.

Lokasi

Dilansir dari Wikipedia.org, Curug Sanghyang Taraje yang lokasinya berada di perbatasan Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan dengan Desa Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut umum dituju melalui wilayah Kampung Kombongan Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan.

Curug Sanghyang Taraje terletak di aliran Sungai Cibatarua salah satu anak Sungai Cikandang yang bermuara Samudera Hindia sehingga curahan Air Terjun Sanghyang Taraje tergolong sangat deras terlebih saat musim penghujan.

Harga Tiket Masuk Curug Sanghyang Taraje

Menjadi salah satu tujuan wisata alam di Garut Jawa Barat harga tiket masuk wisata Curug Sanghyang Taraje sangat murah yaitu Rp. 10.000/orang, sedangkan untuk biaya parkir Rp. 3.000/kendaraan.

Baca Juga: Pantai Santolo Garut, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Keindahan air terjun di garut ini tidak kalah indahnya dengan Air Terjun yang berada di daerah lain. Malah pemandangan alam disekitar lokasi sangat indah dan udara nya juga sejuk.

curug sanghyang taraje

Rute Menuju Lokasi

Jika Anda ingin berkunjung ke Air Terjun Sanghyang Taraje berikut rute yang dapat Anda ambil.

Untuk menuju Curug Sanghyang Taraje dari pusat Kabupaten Garut berjarak 45 KM berkendara ke arah baratdaya. Rute yang diambil ke arah Kecamatan Cikajang. Di pertigaan sebelum pusat Kecamatan Cikajang, ambil jalur ke sebelah kanan yang menuju ke kecamatan Bungbulang.

Setelah melewati Objek Wisata Curug Orok dilanjutkan masuk ke Kampung Cisandaan, Desa Pananjung, Kecamatan Pamulihan terdapat pertigaan, belok kanan menuju Desa Pakenjeng. Moda transportasi mudah menggunakan kendaraan pribadi. Alternatif lainnya adalah menggunakan angkot jurusan Cikajang-Pananjung, kemudian dilanjut dengan ojek. Jika masih bingung silahkan Anda gunakan Google Map.

Note: Menurut Informasi yang kami dapatkan bahwa jalan menuju lokasi kurang bagus, jadi harap berhati-hati ya.

Fasilitas

Air Terjun Sanghyang Taraje sudah diberikan beberapa fasilitas yang bisa pengunjung gunakan saat berada dilokasi. Fasilitasnya pun merupakan fasilitas umum seperti WC, Kamar Ganti dan Gazebo. Selain itu, jika Anda hobi Camping juga bisa karena Curug Sanghyang Taraje juga ada lokasi untuk Camping.

Legenda

Menurut legenda yang tertera di wikipedia bahwa Konon katanya, kenapa dinamai Curug Sanghyang Taraje karena masih ada kaitannya dengan legenda salah satu anak Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran, yaitu Kian Santang. Kian Santang yang hendak mengambil bintang untuk Dayang Sumbi melewati curug ini. Maka dinamailah curug ini Sanghyang Taraje.

Dan, berdasarkan cerita di area curug ini Kian Santang menyimpan salah satu benda berharganya dan dijaga oleh ular yang sangat besar, penduduk sekitar kadang masih suka ngeliat penampakan dari ular besar tersebut.

rute menuju air terjun atau curug sanghyang taraje garut

Tips

Jika Anda hendak menuju disana pastikan pada musim kemarau, karena jika musim penghujan debit air kadang tinggi. Pemandangannya pun lebih bagus pada saat musim kemarau. Selain itu, pastikan Anda membawa pakaian ganti karena jika berkunjung ke curug sanghyang taraje tidak manda rasanya kurang afdol.

Yang tidak bisa ditinggalkan yaitu jangan lupa untuk membawa Gadget seperti Hp ataupun kamera untuk mengabadikan moment di air terjun Sanghyang taraje ini. Selain itu, Anda juga jangan lupa membawa makanan atau minuman untuk nanti dimakan di Gazebo sambil melihat pemandangan disekitar.

Nah, Bagaimana? Apa Anda penasaran dengan Air Terjun atau Curug Sanghyang Taraje di Garut Jawa Barat ini?

Demikian yang dapat liburanseru.net sampaikan mengenai Lokasi, Fasilitas, jalan menuju dan Harga tiket masuk Curug Sanghyang Taraje. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

Baca Juga: Kebun Mawar Situhapa Garut, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here