Keindahan Klenteng Sam Poo Kong, Wisata Religi di Semarang

0

Klenteng Sam Poo Kong, Wisata Religi di Semarang – Liburanseru.net, Kota Semarang yang menjadi Ibu Kota Jawa Tengah selain memiliki banyak tempat wisata alam ternyata juga memiliki tempat wisata religi. Selain Masjid Agung Semarang, tempat wisata Religi lainnya yaitu Klenteng Sam Poo Kong.

Berikut ini adalah lokasi, harga tiket masuk, dan sejarah dari Klenteng Sam Poo Kong di Semarang ini. Mungkin Anda ingin mencari tempat wisata religi di Semarang, klenteng ini bisa menjadi jawabannya.

Jika Anda berlibur ke Semarang, selain mengunjungi tempat wisata alam, tidak ada salahnya Anda juga mengunjungi tempat wisata religi Klenteng ini. Keindahan Klenteng bisa dilihat dari struktur bangunannya dan motif nya.

klenteng sam poo kong di semarang

Wisata Religi Klenteng Sam Poo Kong di Semarang

Klenteng Sam Poo Kong adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Klenteng ini terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang.

Tanda yang menunjukan sebagai bekas petilasan yang berciri keislamanan dengan ditemukannya tulisan berbunyi “marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur’an

Tak sekedar menjadi tempat wisata bersejarah, Sam Poo Kong juga menjadi tempat peribadatan bagi kaum beragama Budha, Kong Hu Cu, dan Taoisme. Terdapat pula bangunan masjid di kawasan Sam Poo Kong karena laksamana Cheng Ho merupakan laksamana muslim yang dijuluki Haji Mahmud Shams

Lokasi Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng ini terletak di Jalan Simongan 129, kurang lebih 3 km dari Simpang Lima ke arah barat daya. Dengan menggunakan kendaraan umum dari pusat kota sekitar 20 menit, turun di simpang Kali Garang dan lanjut jalan kaki karena tidak ada angkutan umum yang melewati jalan menuju Klenteng Sam Poo Kong ini.

Harga Tiket Masuk ke Klenteng

Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Pengunjung dikenakan biaya Rp10.000/orang

Setelah sampai di depan Gerbang pintu masuk Klenteng, anda harus menuju loket penjualan tiket di samping depan gerbang masuk, dengan membeli tiket seharga Rp.10.000 rupiah, anda dapat memasuki Klenteng Sam Poo Kong. Melihat – lihat  yang ada di dalam klenteng, keliling klenteng, foto – foto dan sebagainya.

Apa Saja Yang Bisa Anda Lakukan Di Klenteng?

Banyak hal yang dapat Anda lakukan disini, selain mengetahui sejarah dan mengabadikan moment, Anda juga bisa menikmati suasana di Klenteng ini. Suasana di Kelnteng ini bagaikan berada di Negeri China, karena hampir semua bangunannya didominasi bangunan seperti di China.

Anda akan melihat patung laksamana Cheng ho di dalam area Klenteng. Melanjutkan perjalanan keliling klenteng anda juga dapat melihat patung – patung lainnya yang ada di depan klenteng.

gambar klenteng sam poo kong

Anda juga dapat memasuki area klenteng, melihat kuil di dalam klenteng. Anda bisa beribadah di sana (bagi anda yang beragama Kong Hu Cu), foto – foto, dan sebagainya.

Puas keliling dalam klenteng anda bisa menyewa pakaian khas tiongkok, sekaligus menyewa jasa foto disana. Cukup dengan membayar senilai Rp. 80.000 rupiah per orang per kostum.

Jika Anda beruntung, anda juga dapat menikmati berbagai atraksi dan upacara yang di selenggarakan di klenteng ini (karena atraksi dan upacara ini tidak diselenggarakan setiap hari, hanya hari – hari tertentu saja). Contohnya seperti atraksi barongsai dan upacara ritual sam poo kong.

Puas berkeliling Klenteng anda dapat duduk – duduk santai sembari melepas lelah karena keliling, anda dapat duduk di depan toko souvenir yang ada di dalam klenteng. Di depan toko tersedia tempat duduk yang khusus di sediakan untuk para pengunjung.

Sejarah Klenteng Sam Poo Kong

Belum lengkap rasanya jika mengunjungi tempat wisata di Semarang ini tanpa mengetahui sejarahnya. Berikut sejarah dari Klenteng Sam Poo Kong.

wisata religi semarang klenteng sam poo kong

Menurut cerita, Laksamana Zheng He sedang berlayar melewati laut jawa, namun saat melintasi laut jawa, banyak awak kapalnya yang jatuh sakit, kemudian ia memerintahkan untuk membuang sauh. Kemudian merapat ke pantai utara semarang untuk berlindung di sebuah Goa dan mendirikan sebuah masjid di tepi pantai yang sekarang telah berubah fungsi menjadi kelenteng.

Bangunan itu sekarang telah berada di tengah kota Semarang di akibatkan pantai utara jawa selalu mengalami proses pendangkalan yang di akibatkan adanya proses sedimentasi sehingga lambat-laun daratan akan semakin bertambah luas kearah utara.

Konon, setelah Zheng He meninggalkan tempat tersebut karena ia harus melanjutkan pelayarannya, banyak awak kapalnya yang tinggal di desa Simongan dan menikah dengan penduduk setempat. Mereka bersawah dan berladang ditempat itu. Zheng He memberikan pelajaran bercocok-tanam serta menyebarkan ajaran-ajaran Islam, di Klenteng ini juga terdapat Makam Seorang Juru Mudi dari Kapal Laksamana Cheng Ho.

Di semarang selain Masjid Agung Semarang Jawa Tengah tempat wisata religi yang tidak bolah Anda lewatkan yaitu Klenteng Sam Poo Kong, lokasi mudah dijangkau, harga tiket masuk klenteng yang murah membuat tempat wisata religi di semarang ini ramai dikunjungi. Karena bangunannya di dominasi khas bangunan China. Jadi tempat wisata religi di Semarang ini sangat cocok Anda kunjungi jika Anda mencari tempat wisata religi di Semarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here