Pura Besakih, Objek Wisata Pura Terbesar di Bali

By | Februari 26, 2019

Pura Besakih Baliliburanseru, Pulau Bali memang menjadi Pulau dengan banyak tempat wisatanya, sehingga Bali menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nah, kali ini liburanseru ingin mengajak Anda mengetahui Lokasi, Sejarah Pura Besakih Karangasem dan harga tiket masuk ke Pura ini. Sehingga, jika Anda mau kesini sudah ada gambarannya.

Pura Besakih adalah sebuah komplek yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat dan 18 Pura Pendamping .

Bali tidak hanya kaya akan wisatanya, namun Bali juga kaya akan budaya, seperti tempat wisata Pura Besakih ini yang merupakan objek wisata pura terbesar di Pulau Bali. Mayoritas penduduk di Bali beragama Hindu, sehingga tempat ibadah agama Hindu ini pun menjadi objek wisata.

Kita mungkin hanya tahu tempat wisata di Bali itu bernuansa Pantai, atau bernuansa lainnya yang sudah terkenal sampai mancanegara. Namun, jika Anda berkunjung ke Pulau Bali tidak ada salahnya Anda mengunjungi Pura Besakih di karangasem ini.

lokasi, sejarah pura besakih karang asem bali dan harga tiket masuk pura besakih
sumber: rentalmobilbali.net

Pura ini adalah pura terbesar di Bali bahkan di Indonesia, dan Pura ini juga sudah terkenal sampai mancanegara. Tak heran jika Anda berkunjung kesini banyak melihat Bule yang berjalan-jalan disekitar Pura.

Mereka biasanya melihat-lihat arsitektur bangunan dan ingin mengetahui budaya keagamaan oleh warga sekitar. Yang paling ramai adalah saat Ada acara keagamaan yang dilaksanakan di Pura ini.

Lokasi Pura Besakih Bali

Jika Anda memang ingin mengunjungi Pura ini maka lokasi Pura Besakih ini terletak di Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali 80863. Jam buka untuk wisatawan dapat berkunjung dari pukul 08:00 – 17:00, namun bagi yang ingin bersembahyang pura terbuka 24 jam

Sejarah Pura Besakih

Tidak ada salahnya kita mengetahui sejarah dari Pura ini yang merupakan tempat ibadah umat Hindu. Dilansir dari rentalmobilbali.net, sejarah pura besakih yaitu :

Pembangun Pura Besakih adalah seorang tokoh agama Hindu dari India yang telah lama menetap di pulau Jawa, nama beliau adalah Rsi Markandeya.

Konon dikala itu belum terdapat selat Bali seperti sekarang, karena pulau Jawa dan pulau Bali masih menjadi satu dan belum terpisahkan oleh lautan. Karena saking panjangnya pulau yang kita sebut sekarang dengan sebutan pulau Jawa dan pulau Bali, maka pulau ini diberi nama pulau Dawa yang artinya pulau panjang.

Awal mulanya Rsi Markandeya pendiri dari Pura ini, bertapa di Gunung Hyang (Gunung Dieng di Jawa Tengah). Setelah lama bertapa Rsi Markandeya mendapat wahyu untuk merambas hutan di Pulau Dawa dari selatan menuju ke utara.

Ditempat perambasan hutan, Rsi Markandeya menanam kendi yang berisikan logam dan air suci. Logam tersebut antara lain logam emas, logam perak, logam tembaga, logam besi dan logam perunggu. Kelima logam tersebut dimasyarakat Bali disebut dengan mama Pancadatu.

Selain logam juga turut serta ditanam permata yang disebut Mirahadi yang artinya mirah utama. Tempat penanaman kendi inilah yang disebut dengan nama Basuki yang artinya selamat. Diberikan nama Basuki atau selamat dikarenakan dalam perambasan hutan para pengikut dari Rsi Markandeya selamat melaksanakan tugasnya. Dengan berjalanyan waktu nama Basuki berubah menjadi Besakih.

pura besakih karangasem bali

Harga Tiket Masuk Pura Besakih

Harga Tiket Masuk ke objek wisata di Bali yakni Pura Besakih sangat terjangkau yaitu Rp. 15.000/orang. Nanti disana Anda bisa melihat Pura Bekasih dan 18 Pura pendampingnya. Jangan lupa untuk membawa Gadget atau sejenisnya untuk mengabadikan momen Anda.

Hal – Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Berkunjung ke Pura Besakih

  • Wanita yang sedang datang bulan dilarang masuk ke Pura ini
  • Bagusnya Anda berkunjung pada pagi hari sekitar jam 10 – 12 siang untuk menghindari kabut turun
  • Dilarang merusak/memindahkan benda-benda yang ada di Pura
  • Wanita agama Islam dan Memamaki Hijab boleh masuk
  • Setiap pengunjung diwajibkan untuk memakai sarung khas Bali. Karena sarung Bali merupakan benda suci yang digunakan untuk dapat masuk ke tempat suci seperti Pura ini.

Pura ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata bernuansa religi dan mengetahui sejarah terbentuknya wisata Pura ini. Jadi selain liburan semakin seru Anda juga mendapatkan pengetahuan.

Nah, demikianlah ulasan mengenai Lokasi, Sejarah, dan Harga Tiket Masuk ke Pura Besakih, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semuanya. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *