Tebing Keraton Bandung, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

0

Liburanseru.net – Lokasi dan Harga Tiket Masuk Tebing Keraton Bandung. Bagi Anda yang ingin traveling sambil berpacaran wisata tebing keraton di Bandung bisa menjadi jawabannya.

Cara menuju lokasi tebing keraton yang mudah dan harga tiket masuk sangat murah, menjadikan Tebing keraton Bandung menjadi salah satu tempat wisata murah di Kota Bandung.

Seperti Apa Sih Tebing Keraton Bandung?

tebing keraton bandung

Tempat wisata Bandung yang satu ini baru muncul sekitar bulan Mei 2014. Adapun penemu dari Tebing Keraton Bandung ini namanya Pak Asep. Kalau Anda kesana, kalian bakal tahu asal muasal tebing ini karena disana pun juga ada papan informasi mengenai cikal bakal Tebing Keraton.

Pak Asep sendiri menamakan tebing di bandung ini dengan istilah Tebing Keraton karena rasa kagum serta apresiasianya yang luar biasa akan keindahan alam yang ada di sekitar Tebing Keraton dan juga dari apa yang dilihat dari puncak atas tebing Bandung yang fenomenal ini.

Disini kalian bakal nemuin view dari ketinggian Bandung yang beda dari biasanya. Apabila kalian pernah berkunjung ke tempat wisata alam bandung lainnya seperti Bukit Bintang di dago, atau Caringin Tilu di wilayah Bandung Timur, yang mana kamu akan disuguhi gemerlap lampu kota metropolitan Bandung yang eksotis dan romantis terutama di senja dan malam hari.

Maka di Tebing Keraton Bandung ini para pengunjung yang datang ke sini akan disuguhi dengan hamparan pemandangan hijau penuh aura ketenangan berupa lebatnya hutan belantara yang begitu spektakuler. Yang membuat Tebing Keraton ini ramai didatangi. memang karena pemandangannya yang awesome terhampar luas lebih dari 180 derajat.

Hutan yang penuh dengan pepohonan hijau menghiasi pemandangan lembah dan gunung-gunung di sekitarnya. Yang bikin tambah keren adalah saat ada kabut dimana pergerakan kabut yang melayang-layang meluncur di sela-sela pepohonan kemudian menghilang ditelan terangnya langit.

Lokasi Tebing Keraton

Tempat wisata Tebing Keraton di bandung ini yaitu Tempat wisata alam yang merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat.

Dari atas tebing nantinya kalian akan disuguhkan pemandangan yang sangat elok yaitu berupa hamparan hutan yang menyegarkan mata. Pastinya, pemandangan yang fress ini akan membuat keromantisan kalian saat kesini bersama pasangan.

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton Bandung

Harga tiket masuk ke Tebing Keraton Bandung ini cukup murah, kalian hanya perlu membayar tiket masuk nya sebesar Rp. 15.000 untuk WNI, sedangkan untuk WNA sebesar Rp. 76.000 Included Asuransi.

Dan biaya parkir untuk motor sebesar Rp. 5.000, dan untuk Mobil sebesar Rp. 10.000.

Cara Menuju Lokasi Tebing Keraton

Ada banyak alternatif yang dapat kalian pilih untuk menuju lokasi Tebing Keraton Bandung, kalau kalian membawa kendaraan mobil maupun motor. Menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor adalah alternatif yang relatif paling aman dan kooperatif dengan kondisi jalanan menuju kawasan puncak tebing keraton.

Walaupun kendaraan roda empat seperti mobil dapat dipaksakan masuk ke dekat tebing Keraton, namun situasi serta kondisi jalanan yang menanjak dan terdapat jurang yang curam serta berbatu, kalian harus ekstra waspada untuk menyusuri jalanan ini. Kalian dapat menggunakan sepeda apabila memungkinkan karena lokasi ini juga sering dijadikan trek atau tempat berkumpul para penyuka Gowes.

cara menuju lokasi ke tebing keraton bandung

Berikut ini petunjuk arah untuk menuju lokasi tebing keraton bandung, Start dari MCD Simpang Dago

  • Dari McD Simpang Dago lurus terus ke arah Sheraton sampai melewati Dago Tea House dan Terminal Dago.
  • Tidak jauh dari Terminal Dago, ada jalan bercabang. Yang ke kiri menuju Dago Giri, yang ke kanan ke arah Bukit Dago Pakar. Ambil jalan ke kanan.
  • Beberapa ratus meter ada cabang lagi. Yang kiri ke Dago Bengkok. Yang kanan masih ke arah Bukit Dago Pakar. Kembali ambil yang kanan
  • Beberapa ratus meter dari sana, dekat Indomaret di sisi kiri jalan, ada belokan ke kiri ke arah Tahura (Taman Hutan Raya) Ir. H. Juanda. Beloklah ke kiri!.
  • Jalanan menanjak beberapa ratus meter, di sebelah kiri ada gerbang masuk dan tempat parkir luas untuk Tahura, masih lurus terus.
  • Tidak jauh dari sana ada jalan bercabang di dekat warung. Jalanan ke kanan ada tulisan Bukit Pakar Utara. Beloklah ke kanan!.
  • Dari sini jalanan makin menanjak. Dulu kondisi jalanannya rusak sekali. Aspalnya sudah banyak yang habis sehingga permukaannya berbatu-batu. Namun sekarang sebagian besar jalanannya sudah aspal/beton. Hanya ada sebagian yang masih rusah parah dan berlubang besar. Dari sini jalanan akan melewati hutan di sisi kiri.
  • Terus sampai ada tulisan ‘Warban’ atau Warung Bandrek. Di sini tempat para pesepeda berkumpul sambil minum bandrek. Tidak jauh dari Warban, ada cabang.
  • IMPORTANT NOTE: Berdasarkan pengalaman, jalanan ke kiri di-blok oleh para ojek lokal dan para pengunjung akan dipaksa belok dan parkir di lahan parkir yang sudah disediakan di sebelah kanan. Dari sana pengunjung akan dipaksa naik ojek. Silakan negosiasi dengan ojegk tersebut. Kalau bisa sogok, mungkin boleh naik ke atas dengan kendaraan sendiri, tapi katanya semua mobil tidak diperbolehkan naik ke atas dengan alasan jalanan rusak dan lahan parkir terbatas. Tarif ojek sekitar Rp 50.000,- per orang dan bisa ditawar (katanya). Kalau mau jalan kaki masih 2 km.
  • Kalau sudah lewat halangan ojeg tersebut, dari sana jalan terus, di kanan mulai tampak pemandangan bukit-bukit hijau serta rumah-rumah di lereng bukit. Tak berapa lama kemudian akan tampak pemukiman warga. Jalanan akan terlihat berbelok ke kanan, ikuti jalan terus sampai habis pemukiman warga.
  • Tidak jauh dari sana ada belokan ke kiri yang agak curam. Ambil belok kiri. Di belokan itu ada papan penunjuk sementara.
  • Hanya sekitar 100 meter terakhir, jalanan sangat curam dan berbatu-batu. Tak lama kemudian ada beberapa warung di sebelah kanan dan di sisi kiri ada bangunan seperti gapura yang merupakan pintu masuk ke Tebing Keraton. Tiket masuk pengunjung Lokal Rp 15.000,-, Dari pintu masuk sudah ada jalur yang sangat nyaman dan aman berupa paving block sampai ke viewing point. Welcome to the awesome Tebing Keraton!

Tips Bagi Kalian Yang Ingin Ke Tebing Keraton

pemandangan di tebing keraton

Bagi kalian yang ingin ke Tebing Keraton Bandung, usahakan untuk memakai jaket dan sepatu. Hal ini dikarenakan hawa lokasi wisata tersebut cukup dingin apalagi pagi hari dan kalian juga perlu hati-hati juga tempat berpijak kalian di tebing ini karena kondisi tanah di sana berupa tanah kering berpasir yang cukup licin bila dipijak.

Oleh karena itu, kalian perlu berhati-hati jika ingin berfoto di batu-batu yang posisinya cukup berbahaya di ujung tebing. Saat ini sekeliling Tebing Keraton Bandung, sudah dipagari sehingga cukup aman bagi yang bawa anak-anak. Batu keren yang terletak di ujung untuk spot selfie masih bisa diakses secara ilegal, namun harap berhati-hati supaya tidak tergelincir ke bawah.

Bagaimana? Apa kalian tertarik untuk ke sana?

Demikian ulasan mengenai Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Cara Menuju ke Tebing Keraton Bandung. Semoga apa yang disampaikan di atas bermanfaat bagi kalian semua. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here