Rekomendasi Tempat Wisata Imlek di Berbagai Daerah

0

liburanseru.net – Tahun baru Imlek merupakan hari raya umat Tionghoa. Sudahkah Anda memiliki rekomendasi tempat wisata untuk berlibur saat hari raya Imlek?

Sama seperti hari raya umat lainnya, hari raya Imlek pasti menjadi hari dimana sanak saudara berkumpul. Namun, kurang lengkap jika tidak berwisata ke tempat wisata yang cocok saat Imlek.

Untuk itu, disini liburanseru.net memiliki rekomendasi tempat wisata yang pas untuk dijadikan liburan saat hari raya Imlek. Berikut tempat wisata di berbagai daerah di Indonesia yang paling Favorit.

Tempat Wisata Imlek

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五暝 元宵節 pada tanggal ke-15. Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī 除夕 yang berarti “malam pergantian tahun”.

Saat Imlek tiba tentu yang paling ramai dikunjungi wisatawan yaitu wisata yang ber bau religi, seperti mengunjungi tempat-tempat ibadah Umat Tionghoa.

Di sejumlah daerah di Indonesia, ada beberapa daerah yang menjadi tempat wisata paling Favorit untuk berlibur bersama keluarga saat hari raya Imlek. Seperti beberapa daerah berikut ini.

Tempat Wisata Imlek di Medan

Pertama Kota Medan, Sumatra Utara. Ya, Medan sendiri banyak sekali umat Tionghoa, dan di Medan sering kali mengadakan perayaan Imlek yang sangat meriah dan fantastis.

Medan memiliki acara tahunan yang dinamakan Gebyar Imlek Fair di mana masyarakat di Medan dapat memeriahkan perayaan dengan berbagai tradisi Imlek.

Di acara tersebut, Anda akan menemukan berbagai macam booth mulai dari makanan, pakaian, aksesoris, properti, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa temukan pertunjukan barongsai yang menjadi ciri khas hari raya Imlek.

Di Medan, Anda juga bisa kunjungi salah satu tempat wisata imlek favorit yaitu Vihara Setia Budi. Vihara Setia Budi, Anda bisa berdoa maupun menikmati keindahannya. Ini adalah salah satu tempat wisata Imlek yang sangat ramai dikunjungi.

Selanjutnya, Anda bisa telusuri Desa Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan. Temukan benda-benda peninggalan seperti pecahan keramik, koin kuno, dan benda antik di sana.

Makanan khas Imlek yang disajikan di Medan adalah kue bakul, yang melambangkan keakraban dan keharmonisan.

Imlek di Palembang, Sumatera Selatan

Kota selanjutnya di Sumatera yang terkenal dengan perayaan Imlek dengan pesta lampionnya adalah Palembang.

Kawasan Pecinan Dempo di kota ini menyelenggarakan festival imlek dengan lampion dan pertunjukan barongsai.

Kamu juga dapat kunjungi kelenteng Dewi Kwan Im di Kelurahan 10 Ulu. Tempat wisata imlek ini jadi tujuan turis yang berlibur saat Imlek. Menu khas Palembang seperti pempek juga dijajakan dengan nama “10 Ulu”.

Selain itu, kamu juga bisa sempatkan berlibur ke Pulau Kemaro yang ramai saat Imlek, akan ada berbagai pernak-pernik yang semarak dipandang di pulau yang terkenal akan kisah cinta legendarisnya ini.

Banyak turis yang datang kunjungi pulau ini dengan doa pengharapan akan datangnya jodoh. Nah, siapa tahu doamu tercapai, kan?

tempat wisata imlek

Berlibur imlek di Bangka, Bangka Belitung

Selain dekorasi yang indah ataupun pesta yang dinanti-nanti, berlibur wisata imlek di Bangka juga memberimu kesan tersendiri.

Ada pesta kembang api yang jadi daya tarik turis saat perayaan imlek. Keindahan kembang api dengan dominasi warna merah memperindah kesan pergantian tahun ini.

Kota Belinyu di Bangka jadi pusat destinasi dengan hadirnya pesta kembang api dan pawai barongsai. Kamu bisa kunjungi beberapa pasar rakyat yang hadirkan suasana kental imlek sehingga seakan merasakan berkunjung ke negeri Tirai Bambu.

Selain itu, tempat wisata imlek yang wajib dikunjungi adalah Vihara Dewi Kwan Im di Desa Jelitik.

Air kolam di vihara ini dipercaya dapat sembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda. Biasanya, orang-orang melempar koin dan menyatakan doa ke kolam di sana. Tertarik melempar koin juga?

Merayakan imlek di Jakarta, DKI Jakarta

Pecinan di Jakarta juga tak kalah semarak dalam merayakan imlek. Lampion cantik yang terpajang di berbagai sudut di daerah Petak Sembilan Glodok akan beri kamu nuansa meriahnya pergantian tahun ini.

Pasar di seberang pusat elektronik Glodok juga menjual jajanan khas imlek, seperti kue keranjang, jeruk, leci, plum, dan berbagai makanan khas lain.

Susuri sepanjang jalanan pasar Petak Sembilan dan kamu akan temukan keindahan bangunan tua dan arsitektur khas Jakarta di tengah semaraknya warna merah yang dominasi imlek.

Kunjungi juga Kelenteng Jin De Yuan atau dikenal pula sebagai Kelenteng Kim Tek Le, tempat wisata imlek ini legendaris di kalangan penikmat sejarah.

Kelenteng tertua ini punya bangunan yang dinamai “Raja Neraka”, meski makna sebenarnya dari kelenteng ini ialah “kebajikan hati”. Jika kamu berada di seputaran ibukota dan ingin merasakan semaraknya imlek, jangan lupa pergi ke wilayah pecinan ini, ya!

Jin De Yuan Chinese temple (Vihara Dharma Bhakti) in Glodok, Jakarta Chinatown, Indonesia.

Bandung, Jawa Barat dan perayaan khas imleknya

Setiap tahun di kawasan Jalan Cibadak, Kecamatan Andir, kirab budaya akan dilangsungkan untuk menyambut imlek.

Kamu akan temukan pawai budaya antara budaya Tionghoa, Sunda, dan budaya nasional lain dalam kirab tersebut. Lautan manusia akan penuhi kawasan ini pada hari imlek. Jangan sampai kamu ketinggalan mengikuti hangatnya momen perayaan imlek ini!

Selain pawai barongsai super panjang, wilayah ini menyajikan booth jajanan, minuman, pakaian, dan pernak-pernik imlek untuk merayakan ritual imlek. Yuk, kunjungi perayaan ini di Paris van Java!

Imlek di Semarang, Jawa Tengah dan banyak kelenteng legendaris

Kelenteng Sam Poo Kong adalah salah satu kelenteng legendaris di Indonesia. Bangunan ini bisa dikatakan ialah saksi evolusi kota Semarang dan menyimpan berjuta kisah tentang kota penuh romansa ini.

Jangan heran jika kamu akan temukan betapa kayanya nuansa etnis Tionghoa di wilayah ini. Kelenteng ini ialah tempat pendaratan pertama Laksamana Cheng Ho atau Sam Po Tay Djien di Nusantara.

Selain itu, dalam rangka wisata imlek, kamu juga bisa kunjungi sepuluh kelenteng daerah Pecinan untuk merasakan kemeriahan perayaan imlek. Kelenteng tertua kota ini bernama Tay Kak Sie, sementara kelenteng terbesar adalah Wie Wie Kong.

Selain mengunjungi kelenteng, singgahlah pula ke Pasar Imlek Semawis, selama kurang lebih seminggu, kamu akan menemukan berbagai atraksi, dari pertunjukan permainan toya dan wushu khas biksu Shaolin secara langsung.

Tempat Wisata Imlek di Solo, Jawa Tengah dengan tradisi grebeg

Perayaan imlek lewat Grebeg Sudiro dan berbagai festival imlek adalah kekhasan kota nasi liwet ini. Grebeg Sudiro adalah tradisi yang khas dalam perayaan imlek karena mengadopsi perayaan Grebeg Gunungan Kasunanan Surakarta.

Puncak perayaan grebeg ini adalah berebut hasil bumi atau makanan, simbol dari tradisi “kerja keras” yang bermakna bahwa seseorang harus bekerja keras untuk memperoleh sesuatu.

Ini sesuai dengan tradisi Jawa yang menekankan grebeg sebagai tradisi yang menunjukkan bahwa “orang yang tidak berusaha, tidak akan bisa hidup berkecukupan”.

Menarik, ya, menyaksikan tradisi imlek yang dipadupadankan dengan tradisi kental Jawa ini?

Tradisi imlek di Surabaya, Jawa Timur

Di Surabaya, perayaan besar untuk imlek dilangsungkan di Kelenteng Hong Tiek Hian, alias Kelenteng Jalan Dukuh.

Sebagai pusat perayaan, kelenteng tertua di kota pahlawan ini adalah tempat ibadah Ti Dharma, artinya sebagai tempat ibadah penganut Konghucu, Tao, dan Buddha (Mahayana).

Tidak hanya merayakan di kelenteng, penghuni kota ini juga menyemarakkan perayaan imlek dengan aktivitas yang semarak di berbagai pusat perbelanjaan atau mal besar.

Wisata kuliner imlek dapat ditemukan di berbagai mal besar Surabaya. Kunjungi saja Kya-kya Kembang Jepung untuk merasakan salah satu surganya kuliner di hari imlek.

Pasar malam di kawasan Pecinan juga ramai dikunjungi dengan berbagai hiasan unik imlek dan makanan khas etnis Tionghoa maupun berbagai kuliner mancanegara.

Berimlek di kota seribu kelenteng, Singkawang, Kalimantan Barat

Tidak hanya di Sumatera dan Jawa, kota di Kalimantan ini pun terkenal akan kemeriahan dan betapa semaraknya tradisi imlek dan ramainya tempat wisata imlek.

Serangkaian acara menyambut imlek diselenggarakan. Bahkan, pernah ada pesta perayaan tahun baru imlek terbesar di Asia Tenggara, lho, di sini! Tentu saja, karena Singkawang dikenal sebagai kota dengan Seribu Kelenteng dan merupakan permukiman etnis Tionghoa terbesar.

Dari awal perayaan imlek hingga Cap Go Meh, kota ini akan dipenuhi berbagai hiasan dekorasi merah imlek yang meriah dan spektakuler. Nikmati parade kendaraan hias di siang hari hingga lampion di sepanjang jalan pada malamnya.

Malam kesenian, pawai, pesta lampion, hingga pagelaran barongsai akan padati harimu saat berkunjung ke kota ini. Ritual tatung adalah salah satu pertunjukan khas yang ditawarkan, di mana kamu bisa lihat orang-orang yang kesurupan dewa-dewi yang dipercayai oleh umat Konghucu.

Masyarakat Dayak pun turut serta dalam ritual ini, karena ritual ini serupa dengan ritual yang dimiliki suku asli Dayak.

Nah, Itulah beberapa tempat wisata Hari Raya Imlek di Berbagai Daerah di Indonesia. Menurut Anda tempat mana yang menjadi Favoritmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here